Loading...

Rabu, 10 Agustus 2011

Peranan Bidan

Dalam bahasa inggris bidan adalah Midwife yang berarti pendamping istri . maksudnya bukan hanya mendampingin istri yang sudah meningkah, atau sudah memiliki anak tetapi juga seorang remaja putri.
Peran bidan adalah memberikan pelayanan dasar kepada anak remaja putri dan perempuan pranikah serta memberikan asuhan kebidanan kepada kliennya selama kehamilan normal,persalinan dan bagaimana cara merawat bayi, dan masa setelah melahirkan masa nifas. Selain itu bidan juga berperan untuk memberi penyuluhan tentang keluarga berencana (KB) kepada para pasangan usia subur. Selain itu para perempuan yang mengalami gangguan reproduksi,dan perempuan memasuki masa klimakterium serta menopaus. Jika dilihat dari mayoritas klien bidan adalah kaum hawa segala bentuk persoalan yang ada.
Pada dasarnya perempuan diciptakan dengan 70 persen perasaaan dan sisanya adalah pikiran. Maka itu perempuan lebih senang berbagi. Ketika perempuan memilki permasalahan kesehatan yang membutuhkan pemecahan, bidan adalah mitra yang tepat untuk berkonsultasi.
Sebagai sesame bidan lebih memahami permasalahan yang dialami klienya. Karena klien merasa nyaman untuk curhat dan bidan menjamin kerahasiaan keterangan klien sesuai dengan sumpah jabatan yang telah diikrarkan para bidan. Kecuali saat diminta kesaksian dalam pengadilan.
Bidan juga dapat berperan dalam memberi motivasi kepada seorang ibu ketika mengalami masa sulit di suatu persalinan. Dengan mendampingi secara lembut, halus, sabar,penuh ketulusan hati. Karena bidan adalah seorang perempuan jadi tidaklah tega jika sesame perempuan memperlakukan dengan kasar.
Bidan itu “dukun beranak modern”yang terdidik dan terlatih. Bidan diharapkan mengaplikasikan teorinya demi mengurangi angka kesakitan serta kematian ibu dan bayi. Bidan juga memilki keajaiban dengan dua jari. Ya “a miracle of two finger”, bidan bisa mempredisi kelahiran bayi dengan memasukan dua jarinya kedalam liang , yang bisa diketahui penurunan kepala bayi sudah berapa senti pembukaannya kegiatan itu disebut “vaginal taucher” (VT) . dan pada saat lengkap ( 10 cm), bidan akan sabar membimbing melahirkan bayi. Dan ketika bayi sudah melewati “pintu” bidan siap siaga untuk menolong.
Bidan adalah pahlawan yang menyelamatkan kelahiran sehingga bayi bisa menghirup udara untuk pertama kalinya. Betapa bahaginya menjadi seorang bidan yang pertama kalinya mendengar tagisan bidan dan melihat senyum di bibir ibu, dan mendengar gema azan yang dikumandangkan seorang ayah ke telinga kanan bayi.
Kebagaiann dari keluarga terasa terbayar sudah semua pengorbanan dari seorang bidan. Dengan seizin Allah bidan dapat membantu melahirkan generasi-generasi penerus bangsa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar